Selasa, 16 Januari 2018

KRITIK ARSITEKTUR #2

AEON MALL


Secara fisik, fasad pada AEON Mall ini tidak terlalu berbeda dari mall lainnya di Indonesia. Desain eksterior dan interiornya terlihat sederhana seperti mall pada umumnya. Namun, yang membedakan, mall ini dibangun dengan standar Jepang, mulai dari konsep hingga keamanannya. Yang membuat mall ini unik adalah atmosfer yang diciptakan di dalam mall, yakni menghadirkan ciri khas budaya dan kondisi alam di Jepang.

Mall yang terletak di Jalan BSD Raya Utama, Tangerang Selatan ini memulai pembangunannya pada bulan Agustus 2013 dan beroperasi sejak 30 Mei 2015. AEON Mall BSD City berdiri megah di atas lahan seluas 100.000 m2 dan bangunan 177.000 m2. Total toko yang ada di AEON Mall BSD City sekitar 300 toko, termasuk 22 toko yang pertama kali ada di Indonesia dan 38 toko asal Jepang.

AEON Mall BSD City didesain dan dikembangkan ramah bagi lingkungan dan pengunjungnya. Mall yang bernuansa Jepang pertama di Indonesia ini mengusung konsep ‘For Your Smart Living’. Model arsitektur mall 5 lantai ini dibuat lantai atas berbentuk skeleton (tembus pandang), sehingga tidak ada barang yang jatuh. Dan atap bagian tengahnya juga menggunakan kaca yang dapat mengurangi penggunaan lampu dan hemat energi. Mall ini mengutamakan kenyamanan, keamanan, kelengkapan fasilitas, kebersihan dan kepuasan pengunjung.
Dengan mengklaim satu-satunya mall bernuasa Jepang, atmosfir di AEON Mall BSD City benar-benar seperti mall di negara asalnya. Ini terlihat pada desain interiornya yang mengedepankan konsep interior sederhana, dekorasi yang minimalis, skema warna alami, dan palet netral seperti abu-abu dan putih. Konsep ini sesuai dengan nilai yang mereka anut, salah satunya, wabi sabi atau kesederhanaan yang alami.
Di pintu utama, misalnya, terdapat shōji, yakni pintu yang terbuat dari kayu berlapis kertas transparan. Dalam arsitektur tradisional Jepang, pintu ini berfungsi sebagai pintu geser dan jendela atau partisi. Manfaatnya, selain dapat menyerap kelembaban, insulator terhadap panas dan dingin, juga membuat ruangan menjadi terang. Ini karena sinar matahari dapat menembus shōji.

Ciri khas pada AEON Mall BSD City ini yaitu Sakura Lite Tunnel dan Sakura Illumination Park. Dua-duanya adalah taman dengan lampu-lampu yang menyala di bagian atas, yang tidak akan ada di mall lain.

1 komentar:

  1. maap gan.. kritik nya mana? judulnya menurut ane rada kurang nyambung sama isi. sepertinya agan hanya menjelaskan secara naratif aja tentang mall ini. terus terang ane lagi nyari komentar soal fasade, apa yg kurang atau nilai minus nya menurut pandangan org lain. bukan maksud nyinggung ya gan.. thnks.

    BalasHapus